CAPAIAN PEMBELAJARAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran

Perumusan Capaian Pembelajaran lulusan program studi dilakukan melalui serangkaian pertemuan yang dihadiri oleh tim kurikulum. Rumusan tersebut ditetapkan pada kegiatan Lokakarya Kurikulum Berbasis KKNI  yang dihadiri oleh para dosen Prodi Teknik Sipil. Dari hasil lokakarya tersebut dirumuskan sebanyak 41 poin capaian pembelajaran yang terbagi menjadi 4 bagian yaitu: sikap, keterampilan umum, penguasaan pengetahuan, dan keterampilan khusus.

 

SIKAP

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, jujur, luhur, dan setia;
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. menyadari adanya kebutuhan untuk selalu belajar sepanjang masa;
  12. memiliki kemampuan memimpin dan mandiri;
  13. menunjukkan sikap menghargai dan menerapkan nilai – nilai dari kearifan lokal;
  14. menjadi cendekia yang menjunjung tinggi etika profesi, kebenaran, kebaikan, dan keindahan

 

KETERAMPILAN UMUM

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya nasional dan/atau internasional;
  7. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

 

 

PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. menguasai konsep teoretis sains-teknik (engineering sciences), prinsip-prinsip teknik (engineering principles), dan perancangan teknik yang diperlukan untuk analisis teknik sipil
  2. menguasai konsep sains alam dan prinsip dalam mengaplikasikan matematika teknik pada bidang teknik sipil
  3. menguasai prinsip-prinsip peraturan, norma, standar, pedoman, dan manual baik secara nasional dan/atau internasional yang berlaku pada teknik sipil
  4. menguasai prinsip dan mampu menjelaskan permasalahan terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum baik nasional dan/atau internasional
  5. menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini.

 

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. mampu melakukan analisis dan perancangan yang standar dalam pada bidang teknik struktur, geoteknik, teknik transportasi, teknik sumber daya air, serta manajemen dan rekayasa konstruksi sepanjang siklus bangunan.
  2. mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains, dan rekayasa (engineering)
  3. mampu merancang dan melaksanakan suatu eksperimen, serta mampu melaksanakan analisis dan intrepretasi data.
  4. mampu merancang suatu sistem dan komponen atau prosesnya.
  5. mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan masalah-masalah rekayasa (engineering)
  6. mampu berpikir secara luas dan menyeluruh mengenai dampak aktivitas teknik sipil terhadap perkembangan ekonomi, sosial, dan lingkungan.
  7. mampu menggunakan teknik, ketrampilan, peralatan modern yang diperlukan dalam praktek.
  8. mampu menggunakan prinsip-prinsip, perangkat keras, dan perangkat lunak yang sesuai untuk analisis teknik dan menghasilkan gambar kerja, laporan, estimasi biaya, dan dokumen lain pada bidang teknik sipil
  9. mampu melaksanakan eksperimen laboratorium dan lapangan sesuai standar pada bidang teknik sipil.
  10. mampu memanfaatkan hasil pemetaan yang sesuai untuk pengukuran lahan dan/ atau tata letak konstruksi
  11. mampu merencanakan dan menyiapkan dokumen yang sesuai pada tahapan perancangan dan pelaksanaan.
  12. mampu menghasilkan analisis ekonomi dan estimasi biaya berkaitan dengan perancangan, pelaksanaan, pengoperasian, dan pemeliharaan pada bidang teknik sipil.
  13. mampu memilih material dan metode konstruksi yang sesuai dengan kebutuhan lapangan.